IST Best Sneakers in 2018

  • 4783 views
  • 0 comments

Akhirnya kita kembali memasuki penghujung tahun 2018, jika mengacu pada statistik (you can check it at thedropdate.com), setidaknya ada 100 lebih artikel dari berbagai brand yang dirilis tiap bulannya. Itu berarti sepanjang 12 bulan, setidaknya ada 1200 jenis sepatu baru yang beredar, dan kita hanya diberi sepasang kaki.. Well I think we have to thank God for it..

 

 

Dari sekian banyak sneakers, tidak mudah untuk memilih Top 10 Release terbaik tahun ini.. yaaaa... kalo mau ngikutin complex sih, mungkin udah bisa ketebak.. dari 10 list nya cuma di dominasi sama Nike dan Adidas, even Adidas just had one of their shoe on the list...sisanya ya sudah pasti diisi SW 1/97, Off White & Jordans, kami pikir list tersebut sah-sah saja, hanya mungkin diversity nya agak kurang ya.. rasanya gak adil juga karena brand semacam Puma, Converse, dan Mizuno pun punya rilisan yang gak kalah ciamik tahun ini.. Kesimpulan yang bisa ditarik adalah, 2018 benar-benar tahunnya "collab shoes", beberapa tahun lalu beberapa pengamat meramalkan bahwa akan terjadi tren "Collab is the new general releases" , bisa dikatakan ramalan tersebut memang terjadi, coba deh kalian perhatiin, tiap bulannya pasti ada aja kan collab sneakers baru..? So, ready or not..here's our version of Top 10 Sneakers of 2018..

 

 

 

 

10. Adidas Yeezy 500



2018 boleh dibilang tahunnya "Dad Shoes", fenomena ini pun tidak dilewatkan oleh Kanye West dengan lini Yeezy nya, lewat rilisan Yeezy 500 dengan bentuk ultra-chunky nya. Kanye mengambil sol dari Adidas KB8 (crazy 8) signature Kobe Bryant, dan memadukannya dengan bentuk upper baru, yang menurut kami gak jelek-jelek amat, bahkan boleh dibilang lebih bagus daripada Adidas-nya Kobe yang terdahulu. Kanye sendiri meng-claim sepatu ini terjual sebanyak 250,000 pair dalam satu jam saja berbarengan saat event Coachella dimulai. Rilisan ini pun diikuti dengan colorway lain seperti blush, salt, dan black. Well at least di US sana.. this is the sneaker that everyone was wearing this year, because everyone could finally buy it.

 

 

 

 

9. Puma Cell Endura



"Dad Shoe" wave tahun 2018, ditandai dengan banyak nya brand yang merilis chunky & bold sneakers. Termasuk PUMA, selain merilis Thunder Spectra, juga kolaborasinya yang berbau "nostalgic" dengan SEGA dan Roland, mereka juga merilis ulang PUMA Cell Endura, yang tahun ini merayakan anniversary ke-20 nya. Dengan teknologi CELL, criss-cross lacing system, perpaduan warna clean white ditambah aksen neon green, rasanya Puma Cell Endura ini layak untuk jadi salah satu kandidat dad shoe terbaik tahun ini.

 

 

 

 

8. Adidas Kamanda OG



Akhir tahun lalu Till Jagla (@earthtostreet), Global Creative Director nya Adidas sempet bilang bakal ada siluet baru untuk lini originals di tahun 2018. Alhasil, kita melihat sebuah bentuk yang.. aneh memang, kami sendiri seperti melihat sepatu dengan sol macam kulit trenggiling (?). Tapi katanya memang upper sepatu ini merupakan hasil riset team Adidas yang sangat sangat soccer inspired, lekat dengan dunia casual, dan bisa dibilang inilah Adidas Samba-nya versi para millenials.

 

 

 

 

7. Mizuno Wave Rider 1 OG



Gak disangka-sangka, April 2018, Mizuno melakukan re-issue salah satu sepatu iconic nya, Wave Rider 1, dengan colorway OG nya. Dengan warna yang clean, paduan bahan mesh dan logo "Runbird" signature dari Mizuno, sepatu ini terlihat masih kompeten dan relevan bagi kultur sneakers saat ini. Hal ini dibuktikan dengan munculnya beberapa collabs sepatu ini dengan Mita Sneakers, Highsnobiety, dan La MJC tak lama kemudian. Prove that great design is truly timeless, dan yang lebih penting.. rilisan ini membuka mata para sneakerhead, bahwa Mizuno tuh bukan cuma sepatu voli doang..

 

 

 

 

6. Pyer Moss X Reebok DMX Fusion Experiment



BIsa dibilang salah satu sneakers paling clean tahun ini, Kerby Jean-Raymond dan Alejandra Bucco, desainer dari label fashion Pyer Moss, mengambil siluet Reebok DMX Run 10 yang populer di era 90-an, dengan meng-upgrade uppernya dengan material 'ultraknit' , so technically it doesn't need laces at all. Yang menarik adalah tambahan extra laces berikut lace lock, yang memang dimaksudkan agar customer bisa memilih sendiri cara lacing yang mereka mau. Bingung? Coba lihat video ini..

 

 

 

 

5. Converse X Virgil Abloh Chuck Taylor 70 HI



Rilisan final dari seri collabs "The Ten" Nike x Virgil Abloh, jangan tanya kenapa collabs Nike tapi kok yang keluar Converse ya? Please google it.. Anyway, Virgil tetep kekeuh mengaplikasikan translucent upper dan tambahan a la Rugos di bagian midsole sepatu. Beberapa pihak beropini bahwa ini adalah bentuk penistaan terhadap Chuck 70, tapi ya... Virgil tetep aja Abloh...

 

 

 

4. Travis Scott X Air Jordan IV "Cactus Jack"

 


Tahun ini, gak ada selebriti yang paling besar dampak influence nya di dunia sneakers selain Travis Scott, yang sebelumnya kerjasama dengan Nike lewat Air Force 1, akhirnya bergabung dengan Jordan family dengan AJ IV "Cactus Jack" nya. Dengan mengambil warna dari Houston Oilers -klub NFL dari kampungnya Travis sendiri, dan didukung kesuksesan album Astroworld, sepatu ini menjadi dalah satu drop terbaik tahun ini. Jadi sah-sah aja lah ya, logo Jumpman di belakang diganti sama "Cactus Jack"...

 

 

 

 

3. Nike Air Max 1/97 VF SW

 


Hate to write this.. tapi inilah sepatu paling nge-hype di sepanjang tahun 2018, mulai dari raffle yang heboh, antrian memludak, etc etc. Short story, di AirMax Day tahun ini, Nike akhirnya merilis versi terbaru dari Airmax gabungan AM1 + AM 97, jadinya AM 1/97.. karya Sean Wotherspoon yang menang (lewat voting ya fyi) di kompetisi redesain Airmax yang diadakan oleh Nike tahun 2017, yang pemenang nya direalisasikan (major release) di tahun 2018. Gak ada yang menarik dari desain sepatu ini, selain upper AM97 dibuat dengan bahan corduroy, yang menarik justru adalah fenomena reselling dari sepatu karya seorang reseller profesional (yeah i mean Round Two) yang melambung tinggi, dan dengan gaya-nya yang unik, si Sean pun sukses membuat belanja barang sekenan di Senen menjadi sesuatu yang keren lagi..

 

 

 

 

2. Union x Air Jordan I

 


Yes, memang sepatu ini mungkin masih ber 'bau' cut & paste, tapi Union membawa term ini ke next level, Oh come on..just see the execution and all the details behind of them: exposed foam on the tongue, extra-big AJ wings embossed logo, dual colored laces, yellowed midsole, dan konon thick leather yang dipakai collabs Union ini, adalah yang paling mendekati leather vintage AJ I dari tahun '85 atau '94.. Penasaran? you can read it more on our previous article here..

 

 

 

 

1. Nike React Element 87

 


Mungkin sebagian besar penghuni list Best Sneakers dari tahun ke tahun didominasi oleh reissue siluet-siluet sneakers lama, yang hanya mendapat treatment entah itu colorway, atau modifikasi berupa mix atau fusion upper dengan sole dari dua sepatu yang berbeda. Sangat jarang ada siluet sneakers yang benar-benar baru, dan bisa langsung beradaptasi dengan scene dan selera pasar saat ini, dan karena itulah Nike React Element 87 berada di list no.1 versi kami. Sepatu ini gak butuh endorsement seleb, rapper, atau atlet semacam Michael Jordan untuk membuatnya populer. Darryl Mathews, sang desainer.. mengambil inspirasi dari Nike Internationalist 1983, dikombinasikan dengan upper transparan a la Nike Zoom Fly SP.

 

"It’s like when Nike exposed the Air bag, except now we’re able to expose the inside of the shoe, too.” kata Darryl.

 

 

 

 


Khusus untuk bagian sole.. bentuk akhir nya adalah hasil dari studi bertahun-tahun mengenai pressure map kaki, sehingga sol dapat menopang titik-titik kaki yang paling ter-ekspos saat kita berjalan, berlari atau melakukan exercise. Hasil studi ini berbuah pada algoritma yang akhirnya menjadi bentuk sol react ini. Tambahan upper transparan di sepatu ini, mungkin beberapa orang gak terlalu nyaman.. tapi buat seseorang yang mau flexing Gucci socks seharga $155 nya.. justru ini yang dicari. Well thanks Nike for making us realize that wearing cool socks is matters. Selamat tahun baru, happy holidays.. and see you in 2019!

 

Image VARIOUS
Texts DXXXO

VIEW COMMENTS

Related Articles