1 month ago | by Administrator

Apaan sih “OG” itu??

  • 1122 views
  • 0 comments

Ada beberapa teman nanya soal terminology dari “OG”. Sebenarnya, apaan sih term “OG” itu? Apakah “OG” itu pasti vintage/sepatu jadul/tua? Atau… apakah “OG” itu hanya embel-embel belaka di dunia persepatuan? Dengan ke-soktau-an admin, yuk kita bahas.

 

Ditahun-tahun belakangan ini banyak brand-brand besar yang mengeluarkan model sepatu lama mereka, bisa dibilang memang trend tahun-tahun sekarang ini balik ke masa-masa dimana semua sepatu dengan warna, siluet dan color blocking yang cukup berani ala-ala tahun 80s akhir ke 90s. Gw sendiri lebih suka warna-warna ‘jadul’ yang basicnya itu putih berpadu dengan warna teal atau turquoise. Bahan sepatunya pun ga banyak pilihan, hanya suede yang dipadu dengan leather dan mesh yang sebenernya bukan material yang aneh-aneh ala sepatu jaman sekarang yang menggandeng merk leather ternama seperti Horween, atau merk fabric/bahan outdoor seperti Gore-Tex, etc. Kalo dimata gw sih ya.. sepatu jadul or vintage itu ga neko-neko, as simple as it is.

 

Balik lagi ke “OG”, jadi apaan sih “OG” itu? Kalo lo gugling, “OG” itu pengertiannya adalah “Original, Not A Retro, nor Re-release” yang pada intinya OG itu bisa dibilang sepatu yang pertama kali dirilis, yaa… kalo sekarang bisa dipastikan kalo true OG itu memang benar-benar artinya vintage a.k.a sepatu jadul. Tapi, kenapa merk-merk besar yang me-retro model-model sepatu lama mereka dengan iming-iming “OG”?? Mereka ga salah kok, “OG” disini artinya cuma colorway aja, not the real shoes from the initial release from their vault!

 

So, gw rasa term “OG” dengan sepatu yang di retro (baca: release ulang) itu hanya colorway aja. Disamping itu, ini jadi embel-embel yang sangat baik untuk marketing sepatu yang akan dirilis, baik untuk nostalgia kenangan masa kecil yang memang udah tau sepatu itu dari dulu (#anaklama) ataupun mengenang lagi history dari model sepatu tertentu, atau lo cuma poser yang sekedar pengen dibilang anak “OG” aja? Balik lagi ke kepercayaan masing-masing.

 

Kalo ditanya sepatu OG apa yang paling bagus di retro tahun-tahun belakangan ini?, Gw pasti jawab itu dengan lantang “YEEZY”, biji mata lo! Tidak lain dan tidak bukan, itu pasti Nike Air Max 1 OG Red/Sport Red versi anniversary di tahun 2017 lalu. Karena model itu yang membawa Gw ke dunia per-sepatuan yang cukup keras ini (azeeg). Dan alasan lain kenapa Gw memilih Air Max 1 OG Red adalah modelnya yang ikonik dengan visible air unit di bagian midsole menjadi satu-satunya sepatu yang berbeda dari sepatu lain pada masanya di tahun 1987 dulu - sampe sekarang sih. Hehehe

 

So, sepatu OG apa yang menurut lo paling OK yang di retro tahun ini?

 

Courtesy Image: LiveAbout

VIEW COMMENTS

Related Articles