3 weeks ago | by Administrator

(The Story Behind) Air Jordan I x UNION

  • 408 views
  • 0 comments

Air Jordan 1 adalah salah satu siluet sneakers yang paling laku sepanjang sejarah sneakers itu ada, dan salah satu yang paling ikonik. Yang menarik, Air Jordan ini memiliki anomali yang berbeda dari sneakers" lainnya, kadang versi OG nya bisa lebih mahal dan lebih dicari daripada versi kolaborasi nya, sebagai contoh: Air Jordan 12 "Flu Game" bekas Michael Jordan sendiri terjual $104,000, atau sekitar sekitar 1,5 milyar.. hmmm... ya mungkin harga yang reasonable utk seorang kolektor / Jordanhead, mengingat segala cerita di balik sepatu tersebut..

 

(read here: Top Ten Most Expensive Air Jordan In History ) also here: The Applesauce Story

 

(in pic) Preston Truman, the Jazz ballboy who given a pair of worn game Jordan's AJ IV, not just a Jordans


Tapi ada tren baru sekarang ini, dimana Jordan collabs bisa begitu mahal harga resell nya, saya sendiri hanya bisa geleng-geleng kepala.. "Virgil Abloh Effect" bisa begini hebatnya ya.. Ya, tentu Air Jordan 1 termasuk siluet yang gak bisa dilewatkan untuk digarap Virgil, dengan paham "dekonstruksi" nya, siluet AJ1 "Off-White" merupakan salah satu sneakers paling panas dari tahun lalu hingga saat ini. Ibarat ATPM yang jeli melihat Yamaha NMAX yang laku bak kacang goreng, melihat kesuksesan rilisan pertama dalam warna "Chicago", Virgil pun merilis colorway lainnya: UNC, dan All White.. yang laku keras di kalangan reseller.. ehm, maksud saya sneakerheads..

 

(pic) AJ1 "Off-White" in UNC colorway


Ah tapi rasanya Off White AJ1 ini ga perlu lagi gue ulas, selain malesin karena udah dipake sama Qing Uya.. uda over-exposured juga kayaknya.. dan, tujuan tulisan gue sekarang ini sebetulnya adalah seri AJ1 x UNION Los Angeles.. dan cerita yg lumayan dalem di baliknya..

 

Ok, jadi Chris Gibbs -owner UNION LA- membayangkan seorang Jordanhead yang mempunyai sepasang AJ1 beater yang usang karena ia pakai tiap hari, dan suatu
waktu ia ingin mereparasi sepatunya..dari bagian sole, upper, tongue, dan leather yang sudah terkikis.. proses repair ini jauh dari sempurna,
-karena namanya juga repair, kalo mau baru banget ya mending beli baru aja-.

 

Pemilihan bahan yang terbatas dan campur aduk dalam imajinasinya itulah, yang ia tuangkan ke dalam koleksi nya kali ini. Gibbs dan Team dari Jordan melakukan studi terhadap look & feel dari AJ1 original tahun 1985, dan mengaplikasikannya ke dalam model terbarunya ini. Sebetulnya siluet favorit Gibbs adalah Air Jordan III, tapi ia dan team Jordan NRG memilih AJ1 karena rasa emosional yang ditimbulkan si sepatu, bagaimanapun, it's still the one who started it all..  kata Gibbs:

 

“This design is meant to embody the feeling you get from the AJ I,” .
“It’s one of the all-time classic silhouettes that’s going to continually span generations.”

 

 

(pic) Kiri: 2018 AJI RETRO HIGH NRG “UNION”; Kanan: 1985 AJI WHITE / BLACK — RED


 

(pic) Kiri: 1985 AJI BLACK / RED; Kanan: 2018 AJI RETRO HIGH NRG “UNION”


(pic) Kiri: 2018 AJI RETRO HIGH NRG “UNION”; Kanan: 1985 AJI WHITE / NATURAL GREY


Leather yang lebih tebal, swoosh berbahan nubuckankle stitchingmidsole yang diberi efek yellowing dan foam yang sengaja ter-ekspose di bagian tongue tak luput dari aspek yang digarap secara detail. Kurang lebih ada 9 tahapan yang dilalui dalam project ini, untuk mendapatkan feel yang "halus" di bagian ankle dan heel seperti AJ1 versi OG 1985.

 

'Wings' logo sengaja dibuat lebih besar, sebagaimana diterapkan di beberapa special model yang dipakai oleh Michael Jordan di beberapa games nya, nah model inilah yang selanjutnya menjadi cikal bakal AJ 1.5 . Penempatan 'Wings' logo ini pun sengaja dibuat tidak sempurna, sehingga dibuat seolah-olah 'menyenggol' jahitan. Detail lain, tissue paper dan insole sepatu diambil dari sketsa asli desainer Jordan: Paul Savovici. Kemudian untuk apparel nya, Gibbs melakukan studi vintage-wash untuk mendapatkan look, fit, dan feel vintage dari apparel Jordan OG nya.

 

(pic) 2018 AJ 1 x UNION Box & tissue paper details


Dan berikut adalah foto beberapa sepatu dari Department of Nike Archives yang menginspirasi koleksi Air Jordan x UNION Los Angeles.

(pic) Kiri: OG AIR JORDAN WINGS NIKE TEE; Kanan: UNION NRG VAULT AJ FLIGHT TEE NIKE X WINGS


(pic) Kiri: BLACK UNION VAULT NRG FLIGHT TEE LS; Kanan: OG WHITE NIKE FLIGHT TEE


(pic) Kiri: ORIGINAL NIKE FLIGHT SHORT; Kanan: UNION NRG VAULT AJ FLIGHT SHORT


Hmmm.. overall, sebuah langkah kolaborasi yang cukup berbeda dan mendalam, yang mungkin udah semakin langka di zaman sekarang ini. Mungkin yang masih debatable adalah kenapa kolaborasi Union ini masih memberikan impresi a la Off White yang cukup kentara, terutama di bagian backheel stitching nya, apakah memang interpretasi "imperfect restoration" menurutnya memang demikian, atau sengaja agar koleksi ini masih relevan dengan hype culture sekarang.. dengan kata lain he's still riding the "cut & paste" wave.. seperti layaknya Vans dengan koleksi
cut & paste nya baru-baru ini..



Besides all of them, look out young hypebeasts, finally there's a collab shoe that will make you learn about legacy, history, and emotional impact through a sneakers.



Agree or disagree? Please share your thoughts in comment section below.. (IST/@DXXXO)

 


*AJ1 x UNION images taken from https://air.jordan.com

VIEW COMMENTS

Related Articles