1 year ago | by Administrator

PRO-Keds: Your New Daily Beater

  • 5055 views
  • 0 comments

Setelah membaca beberapa artikel, press release, sejarah perusahaan, dan katalog PRO-Keds terbaru, gw menyadari satu hal: PRO-Keds saat ini cuma punya dua siluet sepatu, yaitu Lo Top dan Hi Top. Mereka juga cuma punya dua type produk: Classic dan Contemporary. Ada dua cara untuk melihat hal ini, PRO-Keds tidak punya keinginan atau resource yang cukup untuk menciptakan siluet lain dan ikut bermain dalam segmen yang digeluti kompetitornya, atau PRO-Keds begitu percaya diri dengan dua siluet andalannya sehingga mereka merasa tidak membutuhkan model lain?

Gw berbaik sangka dan memilih kemungkinan kedua (mumpung masih dalam semangat Ramadhan, plus ini artikel didukung PRO-Keds Indonesia, masa gw jelek-jelekin?). Tambah lagi, rasanya menyegarkan melihat ada satu brand yang konsisten dan gak ikut-ikutan merek lainnya. Gak ujug-ujug knit; gak ujug-ujug boost; gak ujug-ujug Kanye. Wasainye..

Oke, sekarang mari kita bahas dulu kedua tipe produk PRO-Keds. Perusahaan yang berdiri tahun 1949 ini membagi rilisannya ke dalam dua kategori: Classic dan Contemporary. Rilisan tipe Classic menggunakan material yang umum mereka pakai seperti kanvas, suede, dan nilon, sementara Contemporary menggunakan material yang premium, mewah, dan berteknologi tinggi. Selain penggunaan material, kedua tipe PRO-Keds ini juga berbeda dalam hal penulisan logo, warna Powerstripes (dua garis melintang di bagian foxing sepatu), material insole, penggunaan warna di heel tab, dan warna kotak sepatunya. Kedengarannya banyak, tapi kalau diperhatikan dengan saksama, semuanya berpusat pada penggunaan warna, material, dan nuansa premium. As simple as that.

Sebelum masuk ke pembahasan yang lebih dalam soal siluet PRO-Keds, kita harus kembali dulu ke tahun 1949. Waktu itu, sepatu olahraga bisa dibilang masih primitif, tidak ada sama sekali fitur kenyamanan atau fungsionalitas. Di era tersebut, Converse merajai lapangan bola basket berkat Chuck Taylor. Kemudian, PRO-Keds menantang status quo Converse dengan merilis seri Royal, mengusung big-man pertama dalam sejarah bola basket Amerika, George Mikan. Dan persaingan antara keduanya terus hidup hingga sekarang, dengan PRO-Keds berdiri sebagai penantang yang berani, mengusung jargon ā€œAll Pro, No Cons.ā€ (You guys have to admit it, this probably one of the wittiest wordplay to challenge Converse. Props to whoever wrote it.)

Setelah mengetahui sejarah tersebut, minimnya siluet dalam repertoar PRO-Keds jadi lebih masuk akal. Saat ini, PRO-Keds bisa dibilang penantang terbesar dari sepatu berlambang bintang. Sekarang mari kita lihat seketat apa persaingan mereka dalam hal kualitas produk. PRO-Keds Indonesia, dengan murah hati mengirimkan beberapa pasang sepatunya untuk dicoba oleh Indonesia Sneaker Team: Royal Hi, Royal Lo, dan Royal Plus Suede. Dari segi bentuk, tidak ada yang spesial seri Royal ini. Secara sederhana, PRO-Keds Royal adalah sepatu klasik untuk sehari-hari. Namun, ada dua, maaf, ada tiga hal yang harus gw garis bawahi dari sepatu-sepatu ini.

Pertama, material suede di Royal Suede ini tidak terlihat dan tidak terasa murahan. Suedenya terasa buttery, tapi bukan pig suede. Setelah riset sedikit, ternyata suedenya dari Wolverine USA, merek boots dari Negeri Paman Sam. Gw nggak akan kaget kalau suedenya tahan lama dan gak terlalu manja. Kedua adalah insolenya yang empuk. Kalau di depan gw di letakkan Vans Authentic, Converse CT atau CT 1970, dan PRO-Keds Royal, dan gw harus memilih sepatu mana yang mau gw pake seharian penuh, tanpa piker panjang gw akan pilih Royal. Alasannya gak jauh-jauh: kenyamanan. Ketiga adalah penggunaan gumsole untuk outsolenya. Gum outsole sudah sering menjadi resep sukses rilisan sepatu, dan PRO-Keds melanjutkan tradisi tersebut di sini.

Kalau kalian lagi nyari sepatu casual yang bisa dipakai sehari-hari dan gak terlalu pasaran, kalian patut mempertimbangkan rilisan PRO-Keds ini. Kalian bisa memisahkan diri dari kawanan YZY, waffle heads, atau 1970 heads di luar sana. Untuk menutup artikel ini, karena gw panik artikelnya udah harus naik, dan gw belum dapet penutup artikel yang aduhai, gw terpaksa meminjam jargon PRO-Keds di atas. For these shoes, Iā€™m all PRO, no Cons.

Info giveaway: PRO-Keds berbaik hati dan akan memberikan sepasang sepatu untuk satu orang pemenang yang akan dipilih secara acak. Pemenang kuis akan diumumkan pada 24 Juni 2017. Caranya:

1. Follow @indosneakerteam_ dan @prokeds_indonesia

2. Repost post ISTxPRO-Keds Indonesia di Instagram dan tulis ukuran sepatu yang Anda inginkan, sertakan pula hastag #ISTxPROKEDSgiveaway

3. Panjatkan doa pada Tuhan Yang Maha Esa

VIEW COMMENTS

Related Articles